Sehat Adalah Kehendak Bebas.

Dan kemarin ngobrol ama seseorang yang cerita Om – nya sakit, jantungnya udah dipasang beberapa ring sampe ngga ada tempat lagi 😦 😦 😦 dan kemarin ini sesak nafas, next akan ambil opsi operasi bypass. Saat dikasi tau untuk berpola hidup sehat jawaban si Om “ngga bisa ninggalin makan enak… kalo mo mati, mati aja tanpa sengsara..”. Dia tidak merasa ya bahwa sekarang sudah dalam tahap sengsara 😀 😀 😀

See, banyak orang model si Om diluar sana. Ada yang udah sakit, diarahkan, dicerahkan, dituntun untuk berpola hidup sehat, yang didalamnya termasuk pola makan sehat bersikap ogah – ogahan. Biasanya yang begini karena masih punya “pegangan” lain yang dirasa lebih mudah. Dokter, obat – obatan, operasi, supplemen kesehatan adalah beberapa contoh “pegangan” yang saya maksud. Mereka lebih suka bersenang – senang dulu, susahnya nanti. Nah, saat udah kepentok, udah ngga ada jalan lain, baru mati – matian mengubah pola hidup sehat. Itulah mengapa pola hidup sehat – pola makan sehat, acapkali dilakukan karena kepepet dan kebanyakan udah sangat terlambat.

Kebalikannya, banyak juga teman yang sakit, tanpa banyak nawar belajar pola hidup – pola makan sehat dan memetik hasil perjuangannya. Mereka adalah orang – orang yang sadar, bahwa kesehatannya ada di tangan sendiri, sedang berbagai “pegangan” diluar diri adalah supporter saja.

Bahwa sehat adalah kehendak bebas, adalah sebenar – benarnya jargon.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s