Lakukan Bagianmu.

….. Baik yang menanam maupun yang menyiram adalah sama; dan masing-masing akan menerima upahnya sesuai dengan pekerjaannya sendiri …. ”

Saya tau pertama kali tentang #food_combining a.k.a FC dari Bu Ketut Endah lewat buku – buku camilan sehat untuk anak – anak milik pak Wied Harry yang dipinjamkan ke saya bertahun lalu. Kemudian saat sadar tertegur dengan penyakit, mulailah saya mencari – cari secara mandiri apa itu FC dari internet, membaca banyak artikel disana dan mulai menerapkan dalam hidup sehari – hari.  Gabung ke group Food Combining Indonesia (FCI) di awal tahun 2014 adalah sekolah FC berikutnya. Gabung lagi dengan group Sehat Dengan Food Combining (SDFC) untuk menambah lagi ilmu FC. Memperdalam ilmu dengan membeli beberapa buku, adalah sekolah lanjutan berpola hidup sehat. Dan sampailah saya di hari ini. 

Siapakah yang berjasa dalam pertumbuhan saya sampai hari ini. Wow, banyak sekali. Bu Ketut Endah memberi dasar pada saya. Penulis buku – buku dan komunitas serta orang – orang di dalamnya menyiram agar saya bertumbuh, para senior FC menyiangi “rumput – rumput kesalahan” pemahaman saya, teman – teman seperjuangan memberi pupuk semangat. Mereka semua ngga ribut “mengklaim” bahwa dirinya yang paling berjasa, karena saya yakin mereka melihat tujuan besarnya tercapai, yaitu membuat setiap orang mencapai kualitas kesehatan yang maksimal. 

Kamu sudah menanam tapi disiram orang lain? Atau kamu sudah menyiram tapi diberi pupuk orang lain. Atau bahkan kamu sudah meletakkan bibit, tumbuh, berbuah namun dipanen orang lain? Jangan galau, percayalah, masing – masing orang yang sudah melakukan pekerjaannya, akan mendapat upah. Sebegitu maha adilnya Gusti Allah.

Leave a Reply

