Lagi – Lagi Tentang Sinusitis.

Karena pencetus sinusitis sejatinya bukan alergi, tapi daya tahan tubuh yang sangat lemah, maka solusinya adalah kembali ke jalan yang benar supaya dapet daya tahan tubuh yang setrong.

Jalan yang benar menurut pengalaman saya :

1. Pola makan sehat alami, teteup saya anjurkan #food_combining yang friendly to use 😀 😀 Eliminasi gula, teh, kopi, terigu, susu dan turunannya. Eliminasi teman dan mantan yang bikin galau juga, serius nih.

2. Pola istirahat yang cukup dan berkualitas. Jangan suka begadang. Apalagi fesbukan ampe tengah malam. #Plaaakkss…. diri sendiri 😦

3. Enema kopi. Selain membantu detox tubuh, enema kopi juga membantu membuka saluran hidung yang buntu dan sebagai painkiller alami. Ini terapi yang super membantu di saya.

4. Drainase hidung. Udah sering dijelaskan ya.

5. Terapi uap, yang paling simple, ngga usah ke fasilitas kesehatan adalah spa wajah pake air yang baru saja mendidih yang udah ditaburi garam laut (turunin dari kompor yak, jangan spa diatas kompor, bahaya!!!). Ini membantu sekali untuk mencairkan lendir – lendir yang ada di saluran hidung dan lorong menuju rongga sinus.

Jangan sepelekan sinusitis yah, karena dalam kondisi kronis dan menahun, sinusitis adalah awal dari penyakit degeneratif wilayah kepala dan leher, kanker saluran hidung ke tenggorokan/nasofaring misalnya. Nakutin? Iya, biar beneran aware dan ngga menyepelekan sinusitis.

Selamat pagi, selamat menjemput berbagai berkat hari ini good people

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s