Healing Crisis (Krisis Penyembuhan).

34e855c19208fc34f760fa78e852eb19

Pertanyaan yang paling sering didengar saat memulai pola makan berbasis alami (raw food, vegetarian murni, food combining, dll) adalah mengapa di awal mereka melakukannya kualitas kesehatannya seolah – olah malah menurun?
Kondisi kesehatan yang menurun dalam dunia kesehatan disebut withdrawal symptoms atau gejala kemunduran. Dalam dunia pola makan berbasis alami, gejala kemunduran ini disebut healing crisis atau krisis penyembuhan. Krisis penyembuhan biasanya terjadi mulai hari kedua sampai kurang lebih hari kelima sampai ketujuh. Gejala-nya tidak bisa disamakan antar individu, tergantung seberapa parah pola makan sebelumnya. Gejala yang umum muncul adalah:
1. Sakit kepala penuh, sakit kepala sebagian, sakit di sekitar dahi dan pelipis.
2. Diare atau malah sembelit/sulit BAB.
3. Nyeri di semua bagian tubuh.
4. Lemah dan lesu.
5. Mual, muntah atau kembung.
6. Sering bersendawa dan membuang gas.
7. Bermasalah dengan kulit, muncul jerawat, gatal – gatal.
8. Bau mulut yang menyengat, muncul plak tebal di lidah.
9. Demam.
10. Seolah terasa flu, muncul lendir dari hidung dan mulut yang berlebihan.
11. Muncul keinginan dalam pikiran untuk makan makanan tidak sehat yang biasa kita makan (gejala ini akan hilang pada hari ke 3-4)
12. Emosional (uring – uringan, mudah marah, sedih)
Bagaimana healing crisis ini terjadi? Healing crisis terjadi karena organ liver sedang bekerja mengeluarkan racun yang tertimbun dalam tubuh. Pekerjaan mengeluarkan racun ini memerlukan beberapa proses, itulah sebabnya biasanya healing crisis terjadi minimal pada hari kedua setelah kita menjalankan pola makan berbasis alami. Toksin atau racun yang sudah tertimbun di tubuh, akan diubah menjadi bentuk yang larut air, sehingga dapat dikeluarkan melalui usus, urine dan pori – pori kulit (sehingga kadang muncul jerawat atau gatal – gatal).
Bagaimana mengatasi healing crisis ini? Obat – obatan kimia untuk menghilangkan gejala healing crisis sangat tidak dianjurkan. Memasukkan obat kimia (yang adalah racun) pada saat tubuh sedang berusaha mengeluarkan racun sama dengan kembali ke titik nol disaat proses menuju sehat sudah mulai berjalan. Istirahat yang cukup, berpikir positif, tetap mengkonsumsi buah dan sayur, minum air putih 2 – 3 liter sehari dan tentunya meminta kekuatan di atas kekuatan manusia alias doa adalah solusi terbaik.
Percayalah bahwa tubuh kita dirancang Tuhan untuk mudah beradaptasi. Setelah kita melewati healing crisis ini, tubuh sudah mengeset dirinya untuk menyesuaikan dengan pola makan baru, yang tentunya harus kita barengi dengan komintmen untuk terus menjalankannya.

Selamat menjalankan pola makan sehat.(photo credit :soulsanctuaryreiki.wordpress.com)

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s