Food Combining Bikin Tubuh Rentan ?

Ngantuk banget pagi ini, kenapa? Karena jam 3 pagi baru tidur gegara nge-ronda si sulung muntah – muntah dari jam 11 malem ampe jam 2 pagi. Huft….

Emaknya udah curiga karena percaya tubuh ngga pernah bohong. Mulai investigasi dong “food diary” – nya selama sekolah. Karena Rabu adalah hari bebas-nya bawa uang jajan, udah feeling nih anak pasti jajan “aneh – aneh”.

Ini nih food diary-nya

Istirahat pertama, abis olahraga jajan es teh kuncir lanjut mie sosis gulung (heemmm….tjakep!!!!)

Istirahat kedua, yogurt + krupuk rasa bumbu2 (bagooosss!!!!).

Jadi dari jam 7 pagi sampe jam 1 siang, makanan itu yang masuk ke tubuhnya.

Alhasil, setelah kena 2x periode jus sayur setelah pulang sekolah sampe malam sebelum tidur, tubuhnya langsung “mengusir” tuh kandungan makanan aneh – anehnya dari sistem…hush…hush..hush…pergi sana jauh – jauh!!! Muntahlah dia….berulang – ulang…

Parahnya lagi, timun dan kol sengaja dihabiskan kemaren (karena hari ini mau isi stock baru) jadi semalam ngga ada stock “obat” itu. Yes, akhirnya paksa dia minum larutan cuka apel, meskipun selama ini dia antipati bau-nya, gimana lagi “mo sepagian loe tersiksa Kak?” Dan beneran, langsung tidur sampe pagi, bangun udah ceria tanpa dosa udah membuat emaknya ngga bobok semalaman.

Jadi, dari situ apa kita mo ngomong pola makan FC membuat tubuh jadi rentan? Ngga dong… pola makan FC bikin alarm tubuh jadi sensitif, jadi peka. Bayangkan aja, kita punya mobil ber-alarm, tapi maling mendekatpun tuh alarm ngga bunyi, asik ngga sih? Bisa ilang kan tuh mobil. Gitu juga pola makan FC, saat sudah konsisten dilakukan, alarm tubuh jadi peka pada makanan dan aktivitas yang “melawan” kodrat tubuh. Ibarat sebuah ruangan yang udah bersih juga, kalo ada sampah dikit aja, kita ngga nyaman kan? Dan bagusnya lagi berdampingan dengan alarm yang peka, tubuh-pun akan lebih cepat memulihkan diri jika ditangani dengan benar.

Itu contoh nyata kejadian semalam, jangan jadi parno dan mikir “kok FC bikin tubuh jadi rentan?” Bersyukur dong, mau tiba – tiba nyawa melayang karena alarm bertahun mati?

Dengan terkantuk – kantuk saya melaporkan. Hoaaaammmm….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s