Emosi Mempengaruhi Kesembuhan.

$_35Pada awal tahun 1970, Norman Cousins menerbitkan sebuah buku. Buku ini menceritakan kesembuhannya yang menakjubkan dari penyakit fatal. Pada tahun 1964, Cousins, yang saat itu editor “Saturday Review” mengidap suatu penyakit yang mempengaruhi tulang – tulang sendinya. Penyakit ini menimbulkan rasa nyeri dan dengan cepat menjadi parah. Pengobatan medis macam apapun tidak efektif terhadap penyakitnya. Dokter – dokternya mengatakan bahwa hidupnya tidak akan lama lagi. Cousins mempertimbangkan kalau ia membiarkan kemungkinan fatal dari penyakitnya membuat jiwa dan emosinya tertekan, ini hanya akan semakin melumpuhkan daya tahan fisik yang masih dimilikinya. Sebaliknya, kalau ia dapat memenuhi pikirannya dengan emosi yang positif dan menyenangkan, ini mungkin dapat menguatkan reaksi tubuhnya terhadap proses penyakit yang menghancurkan itu.

Ia melaksanakan hasil pertimbangannya itu dan mulai membaca buku – buku yang menyenangkan dan menonton film – film komedi. Ia mendapati bahwa sepuluh menit tertawa lepas dapat memberi dia kelegaan dari rasa sakit sampai dua jam. Lambat laun demamnya lenyap, rasa sakit dan rasa lemah menghilang, dalam jangka waktu satu tahun kesehatannya pulih kembali. Selama dua dekade berikutnya ia bekerja sama dengan para ilmuwan medis di UCLA untuk menyingkapkan bagaimana harapan dan sukacita dapat menguatkan kesehatan serta menolong orang – orang sakit mengatasi penyakitnya.
Hati dan tubuh saling mempengaruhi. Tampaknya hati (perasaan) yang menguasai tubuh. Bagaimana kita berpikir, bagaimana kita merasa dan bagaimana kita memandang kehidupan akan berpengaruh kuat pada tubuh kita. Kalau kita merasa dapat menguasai keadaan dan sanggup memfokuskan diri pada apa yang positif, yang membangun dan yang menggembirakan, tubuh kita memberi reaksi dengan bertambah kuat. Ini menunjang kesehatan. Tetapi frustasi, depresi, dan emosi negatif menekan fungsi – fungsi fisiologis tertentu dan dapat melemahkan kesehatan serta daya tahan kita terhadap penyakit. (Buku : God, Medicine & Miracle, Daniel E. Fountain, M. D., Photo Credit : http://www.ebay.com)

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s